Minggu, 09 November 2014

Mari Mengenal dan Belajar Networking di ID-Networkers

3 comments
Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh



Memulai tulisan mengenai awal pertama mengenal ID-Networkers (IDN) , awal mula nya saat saya berkenalan dengan teman di salah satu komunitas IT di semarang yaitu mas Aditya Vhisnu. saat itu dia bercerita baru selesai Training Juniper di jakarta dengan menyebut IDN (dapat training juniper gratis dari bos IDN). kemudian dalam pikiran saya ada 2 pertanyaan apa itu IDN dan Training Juniper ?  setelah mencari tahu apa itu IDN ternyata tempat Training Networking baik Cisco , Juniper , Mikrotik.  satu pertanyaan dalam pikiran saya terjawab karena sudah melihat di official webnya di http://id-networkers.com/ juga dapatlah nama Pak Dedi Gunawan dan Mas Rofiq saat itu dan mulai add FB mereka  . setelah itu saya coba bermain ke kampus tempat komunitas IT itu dan kebetulan bertemu dengan mas vhisnu dan bertanya apa itu Juniper dan mulai di jelaskan mengenai itu setelahnya dapat oleh-oleh image olive junos(baca: juniper OS M Series) yang dia dapat waktu training di IDN .

agar lebih tahu apa itu juniper saya coba belajar sendiri. saat itu belum banyak di site lokal yang ada mengenai tutorial juniper terakhir yang pernah saya lihat di blog pak himawan dan mas iwing mengenai emulate junos agar bisa running di GNS3 karena saat di beri olive/image junos oleh mas vhisnu belum begitu paham mengenai cara kerja nya dan saat dia bilang belajar nya CLI dan buat logical router di dalamnya. dan beberapa hari setelah itu saya coba bertemu dengan mas vhisnu di daerah UNDIP Pleburan untuk sekedar ngobrol dan mengcopy modul yang dia dapat sewaktu dia training dan alhasil dapat lah :D


belajar mulai bagaimana cara kerja dan konfigurasi nya , kebetulan untuk modul nya berbahasa indonesia dan agak mudak untuk dipahami. oiya beberapa bulan bulan belajar juniper saya lihat di posting facebook mengenai Training juniper tapi ada daya belum bisa ikut.


ya dalam hati hanya berdoa dan bilang "ada kemauan pasti ada jalan". beberapa bulan setelah nya mulai hijrah ke Ibu Kota berharap bisa dapat pekerjaan yang lebih baik , teman , ilmu dan pengalaman yang banyak ya singkat cerita saya diterima sebagai network engineer di salah satu system & network intergator di Jakarta. dan kebetulan adalah juniper partner dan alhamdulilah saat itu mulai berangan angan agar bisa melanjutkan training dan sertifikasi juniper di IDN saat itu coba bertanya ke atasan apakah boleh ikut training dan sertifikat juniper di tempat lain tapi apa daya untuk training tidak dapat di support hanya di support untuk biaya sertifikasi nya. mulai saat itu browsing mengenai juniper fast track dan alhamdulilah tiba dimana untuk exam juniper JNCIA dan alhamdulilah pass :D

walau sampai saat ini saya belum pernah merasakan bagaimana training di IDN tetapi saya masih bisa ikut bergabung di milist IDN (google groups) bisa mengenal teman baru dan ilmu baru karena disana berisi expert-expert dalam bidang networking yang saling membantu saat salah satu member menemui masalah di dalam network nya atau saat member lainnya membutuhkan masukan dan saran untuk project mereka.

di IDN juga ada beberapa program selain training pada umunya,  sampai saat ini yang pernah saya dengar mengenai :
- Rumah belajar IDN
- Beasiswa IDN (Beasiswa untuk di fokuskan menjadi CCIE) sebenarnya berminat untuk program ini dulu tapi ada daya umur saat itu sudah tidak masuk dalam syarat nya sudah berusia 21 tahun. yang saya tahu untuk program ini mereka yang di seleksi dari anak anak muda yang berbakat dan mempunyai dasar network yang bagus dan tentunya berminat nanti nya untuk di fokuskan menjadi CCIE selain ilmu network yang di dapat ada juga ilmu agama yang ditekankan seperti Pesantren (sangat appreciate untuk hal ini) .
- Program pendidikan untuk guru-guru SMK TKJ di indonesia
- CCIE Bootcamp Indonesia



yang bisa saya sampaikan di IDN adalah tempat training dan belajar yang bagus untuk kita yang ingin fokus mendalami jaringan selain itu kita akan dapat teman-teman untuk sharing dan ilmu yang kita dapat dan di milist juga kita bisa dapat info lowongan kerja lho :D.

silahkan untuk teman teman yang ingin mendalamai jaringan dan mengambil sertifikasi seperti cisco , juniper dan mikrotik . IDN tempat yang bisa saya rekomendasikan. saya pribadi inshallah bila sudah ada biaya ingin melanjutkan CCNP dan CCIE di IDN, amiin :)

dan terkahir saya ucapkan selamat ulang tahun ke - 6 untuk ID-Networkers semoga IDN tetap exist , istiqomah, menjadi lebih baik dan tetap bisa menjadi tempat training yang bermanfaat bagi kita para networkers.
"dari engineer untuk engineer" :)

semoga Pak Dedi , Mba Mimin , mas rofiq , mas widi dan keluarga IDN tetap di berikan kesehatan , rizki yang barokah dan bermanfaat. amin allahumma amin

sekian semoga ada yang bermanfaat :)

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

3 komentar :

  1. mas saya ingin belajar juniper boleh sharing ilmu nya tidak, oh ia jika tidak keberatan boleh tidak yah saya copy buku juniper for engineering nya..makasih banyak sebelumnya, salam ferry

    BalasHapus
  2. menarik untuk dibaca, serta dapat membantu menambah pengetahuan.
    lihat artikel serupa dengan mengunjungi :
    Rumah Pena | Graha Pena Gunadarma

    BalasHapus

Silahkan tulis komentar :)